Mau Tidur Lebih Lelap Dimalam hari, Perhatikan 6 Hal Berikut

Apakah Anda sulit sekali merasakan tidur lelap dimalam hari? Atau ketika terbangun dipagi hari, sepertinya Anda kekurangan waktu tidur? Apakah Anda merasa bahwa akhir-akhir ini angin yang bertiup dari luar jauh lebih dingin? Mau tau tips tidur nyenyak tanpa gangguan dimalam hari?

Jika Anda menjawab “ya” untuk ketiga pertanyaan diatas maka berhati-hatilah, bisa jadi Anda mulai terserang penyakit sulit tidur.

Dinginnya angin malam mungkin gak sampai sedingin hati sang mantan juga kali ya…

Angin malam itu buruk untuk kesehatan. Bukan hanya penyebab penyakit batuk dan pilek, udara dingin dimalam hari juga membuat banyak orang jadi sulit tidur. Agar tidak mengalami insomnia, mari kita coba untuk mengatur suhu ruangan dan perhatikan enam tips tidur nyenyak tanpa gangguan berikut ini.

 

1.Suhu Kamar Tidur yang Nyaman Membuat Tidur Jadi Berkualitas

Ketika Anda berbaring di kasur dan siap untuk tidur, tubuh terus mencari dan menyesuaikan diri untuk mendapatkan suhu yang nyaman.

Setelah mendapatkannya, tubuh bisa rileks dan akhirnya tertidur dengan cepat. Itu sebabnya banyak yang menganjurkan untuk mengatur suhu ruangan yang sesuai.

Dikutip dari laman hellosehat.com, sebuah studi dari National Sleep Foundation menyebutkan bahwa suhu ruang yang paling pas adalah antara 18 ̊-22 ̊. Kisaran suhu ini juga berlaku untuk kamar tidur anak dan yang masih bayi.

Atur suhu di ruangan ruangan agar tidak terlalu panas dengan menggunakan AC seperti kipas angin. Jika ruangan terlalu dingin, Anda dapat menggunakan pemanas atau kasur pemanas listrik.

 

2.Bersihkan Kasur & Ganti Sprei Secara Berkala

Kebersihan tempat tidur Anda juga bisa menjadi hal yang mempengaruhi tidur Anda. Debu-debu di kamar dan kutu tempat tidur bisa tinggal di dalamnya.

Akibatnya, ketika sedang asyik tidur, tubuh bisa gatal dan Anda terbangun untuk merasakannya. Bersihkan kasur dengan menyedotnya menggunakan penyedot debu dan mengeringkannya sesekali.

Setelah itu, ganti seprai satu minggu atau setiap sepuluh hari. Tidur bisa lebih nyaman dan sehat, deh!

 

3.Redupkan Lampu Kamar Tidur

Ketika Anda tidur biasanya menyalakan lampu atau mematikannya?

Agar tidur lebih nyenyak, coba gunakan lampu dengan sinar hangat tetapi dengan intensitas yang redup.

Lampu ini bisa Anda tempelkan di dinding, dipasang di sudut ruangan, atau di samping tempat tidur.

 

4.Ukuran dan Jumlah Bantal

Terkadang ada orang yang mengisi tempat tidur dengan lebih dari dua bantal dan juga guling. Bahkan, dengan semakin banyaknya bantal maka ruang Anda semakin terbatas.

Suhu di tempat tidur bisa lebih panas karena terlalu banyak benda yang mengisi tempat tidur.

Setiap orang seharusnya hanya memiliki dua bantal besar dan satu guling.

Kualitas bantal juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan tubuh. Ada yang suka dan cocok dengan bantal bulu angsa, dakron, bahkan kapas.

Pilih apa yang benar-benar cocok untuk Anda agar nyaman dan bisa tidur lebih baik.

5.Selimut Dan BedCover Yang Memberi Hangat pada Suhu Kamar

Suhu ruangan yang sejuk dan susah untuk ditoleransi bisa Anda atasi dengan tidur memakai selimut tebal atau bedcover.

Anda juga bisa melapisi kasur yang telah dibungkus bedcover sehingga kondisi tempat tidur jadi terasa lebih hangat.

Pastikan bahwa selimut di kamar tidur Anda memadai untuk jumlah orang di dalamnya. Jangan sampai kurang, nanti malah rebutan!

Sama seperti sprei, jangan lupa untuk mengganti selimut dan bedcover secara teratur.

Bahan selimut terbuat dari bahan kain dan juga sering diisi dengan dacron, jika tidak sering diganti akan jadi sarang debu.

 

6.Suara Tenang Didalam Kamar

Selain suhu ruangan dan empat hal di atas, cobalah untuk memasang suara yang menenangkan untuk membawa Anda ke tempat tidur.

Saat ini semakin banyak aplikasi khusus menyediakan berbagai suara.

Suara hujan, ombak, jangkrik, sampai lonceng kecil yang menempel didinding bisa membuat tubuh jadi tenang dan rileks.

Tidur menjadi lebih nyenyak, deh. Sebelum tidur, putar pemutar suara. Atur waktu otomatis sekitar 60-90 menit sehingga ketika Anda tertidur, pemutar suara dapat berhenti dan tidak membuang baterai ponsel.

Semoga tips tidur nyenyak tanpa gangguan di atas bisa membantu Anda tidur lebih baik. Jika punya tips berbeda, silahkan sampaikan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.