Tips Kilat Bersihkan Dapur agar Sehat dan Kinclong

Dapur merupakan ruang untuk produksi nutrisi bagi semua anggota keluarga. Karena itu, ruang ini harus selalu bersih dan higienis. Untuk membersihkan dapur bisa dilakukan secara bertahap, tergantung berapa lama Anda punya.

Jadi jika alasan Anda adalah waktu, inilah saat yang tepat untuk Anda mulai berubah dari kemalasan Anda membersihkan dapur. Karena jika tidak, besar kemungkinan kebiasaan ini akan selalu Anda bawa kemanapun dan kapanpun.

Langkah Pertama

Nah, jika Anda hanya punya 15 menit, Anda bisa membersihkan meja dan tempat pencucian atau wastafel. Caranya, semprot dengan cairan desinfektan. “Jika produk Anda tidak dapat membunuh bakteri dan virus sekaligus, itu dapat ditutup sementara,” kata Janice Stewart, pemilik Keepers Castle, sebuah layanan pembersihan di Chaleston, Carolina Selatan seperti dikutip dari kompas.

Pembersihan lainnya, bisa Anda lakukan dengan menggosok wastafel dengan spons dan air, lalu keringkan. Selain itu, Anda bisa melanjutkan aktivitas lainnya, yaitu menyapu dan menyapu lantai hingga kering.

Ambil dan bersihkan kotoran untuk kegiatan mengepel lebih efisien. Jangan lupa, juga bersihkan lemari es dan lap permukaannya dengan cairan antibakteri.

Langkah Kedua

Jika Anda memiliki 30 menit, tambahkan beberapa kegiatan pembersihan lainnya, seperti membersihkan peralatan dapur lama yang tidak terpakai.

Ambil peralatan dari area penyimpanan dan cucilah atau bersihkan saja. Namun, jika satu jam dimiliki, Anda dapat menambahkan kegiatan seperti kabinet cuci atau rak penyimpanan.

Bersihkan dari atas ke bawah dengan spons lembut yang telah direndam dalam air hangat dan sabun pencuci piring. Jika rak terbuat dari kayu, Anda bisa menggunakan pembersih kayu.

Langkah Terakhir

Jika Anda memiliki waktu luang hingga setengah hari, maka padatkan aktivitas ini dengan menambahkan aktivitas untuk membersihkan bagian dalam lemari es.

Pembersihan ini dapat menggunakan larutan tiga sendok makan soda kue yang dicampur dengan empat cangkir air hangat. Sebelumnya, pertama buang makanan di kulkas dan letakkan di tempat yang bersih. Lalu, bersihkan kulkas dengan kain lembab dan keringkan.

Nah gimana, mudah bukan dan tentunya bisa dilakukan secepat kilat dan hasilnya gak main-main. Tertarik mencoba dirumah? Ayo ciptakan dapur yang bersih dan higienis setiap waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *