Tips Jitu Dalam Menentukan Harga Jual Rumah

Menjual rumah hunian tidaklah mudah, apalagi menentukan harga jual rumah. Karena itulah, langkah Anda sudah tepat ketika Anda sampai di artikel ini. Karena kami akan berbagi sedikit tips dalam menentukan harga rumah.

Salah satu hal yang dapat menarik perhatian calon pembeli adalah harga yang tepat dengan kondisi bangunan dan lingkungan.

Untuk itu, Anda perlu berhati-hati memberikan harga hunian yang akan dijual ke pasar. Jangan sampai Anda memberi harga yang terlalu rendah atau terlalu mahal. Jika Anda berniat untuk menjual rumah tetapi tidak memahami cara memastikan harganya tepat, berikut adalah tipsnya untuk Anda.

Bandingkan Properti yang baru dijual

Cara terbaik adalah membandingkannya dengan properti serupa yang baru saja dijual. Sebelum memutuskan untuk menetapkan harga, pastikan bahwa semua fasilitas di kedua properti sama.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membandingkan rumah dengan properti serupa yang saat ini sedang dijual. Membeli dan menjual portal yang sekarang laku dapat menjadi referensi Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan situasi rumah serupa yang belum terjual. Carilah pola mengapa rumah-rumah ini tidak dijual. Pelajari apa masalahnya, bisa jadi properti serupa yang belum terjual memiliki harga yang kurang kompetitif atau bahkan terlalu mahal.

Mengenali prospek lingkungan di sekitar rumah

Prospek untuk masa depan lingkungan juga berdampak pada harga rumah. Jika di masa depan, lingkungan di sekitar rumah memiliki proyeksi pertumbuhan, seperti pembangunan jalan dan konektivitas, tentu saja ini akan menjadi nilai tambah.

Bahkan perkembangan kecil, seperti rencana untuk menambah lebih banyak jalan atau membangun sekolah baru, bisa menjadi pertanda baik dan kemungkinan akan banyak diminati di masa depan.

Ini nantinya dapat meningkatkan nilai rumah Anda, atau dapat mengakibatkan surplus perumahan, yang akan mengurangi nilai semua rumah di daerah tersebut. Tetapi di sisi lain, jika pertumbuhan di lingkungan menunjukkan gejala yang tidak baik seperti toko dan pompa bensin yang ditutup, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali harga rumah yang akan ditetapkan.

Luas tanah dan ukuran bangunan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan luas tanah dan ukuran bangunan serta kualitas bahan di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang sudah ada di dalamnya.

Selain itu, Anda dapat membandingkannya dengan harga properti di sekitar tempat tinggal Anda. Jangan lupa, pastikan harga rumah Anda tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah atau murah.

Tetapkan batas harga terendah

Calon pembeli biasanya menawar dengan harga terendah. Untuk itu, Anda perlu menetapkan batas harga untuk penawaran tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir soal harga properti.

Demikianlah uraian singkat tentang kiat praktis dalam menentukan harga rumah, mudah-mudahan bisa memberikan sedikit gambaran kepada Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.