8 Panduan Sukses Menjadi Agen Properti Pemula

Pertumbuhan dunia properti memang makin positif, kondisi ini akhirnya membuka peluang yang cukup menggiurkan bagi banyak orang tak terkecuali pemula. Sayangnya meniti karir sebagai agen properti tidaklah mudah, harus tahu seluk beluk bisnis property dan yang pasti rajin dan ulet.

Untuk agen properti pemula bisa memulainya dengan laca membaca buku panduan dan mencoba bergabung di kantor broker ternama. Lebih dari itu, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum meniti karir sebagai agen. Mulai dari belajar tips marketing properti, ilmu pemasaran, dan teknologi real estate terbaru.

Masih bingung mau mulai dari darimana? Mending intip dulu 8 tips menjadi agen properti sukses meskipun Anda seorang pemula…

1.Bikin Persiapan dan Planing

Kebanyakan orang yang ingin menjalani profesi agen properti karena waktunya yang fleksibel. Akan tetapi hal ini pula yang menjadi penyebab utama berakhirnya karir banyak agen. Anda tidak harus mengikuti kemana arus mengalir, akan tetapi bikin rencana yang jelas tentang apa yang harus dilakukan setiap harinya.

Misalnya, mengiklankan dua listing online setiap harinya. Dengan menetapkan target pemasaran harian besar kemungkinan Anda bisa menjual proyek properti dengan lebih cepat.

2.Ciptakan Personal Branding yang Meyakinkan

Kebanyakan agen pemula memilih untuk bergabung dengan broker ternama untuk mengawali karirnya karena diyakini akan mempermudah untuk mendapatkan koneksi atau klien baru. Meski demikian, Anda tetap harus membangun profil yang meyakinkan guna menarik konsumen.

Didorong dengan strategi pemasaran yang jitu, membangun brand yang professional tentunya akan mempermudah bisnis Anda. Jadi meskipun berada di dalam tim yang besar, posisikan diri Anda sebagai bintang penjualan di dalam tim.

3.Gunakan Media Online

Dikutip dari laporan Google dan NAR, sekitar 90 persen calon pembeli rumah mencari proyek properti lewat media online. Untuk itu sangat penting memanfaatkan media online sebagai salah satu media pemasaran proyek properti Anda.

Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan membuat blog atau memasang iklan melalui portal website seperti Rumah.com. Sebagai agen baru, portal properti seperti Rumah.com dapat membantu Anda menjangkau calon pembeli prospektif dalam 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

4.Rajin Bergaul dan Perluas Jaringan

Agen properti akan berhubungan langsung dengan berbagai pihak, mulai dari konsumen, notaris, hingga developer. Untuk itu jaringan yang luas sangat berpengaruh pada kesuksesan Anda. Nah, untuk membangun jaringan sosial secara cepat, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan klien.

Luangkan waktu Anda setiap harinya untuk menyapa komunitas sosial, serta mengirimkan konten yang bermanfaat untuk meningkatkan leads secara signifikan.

5.Klasifikasikan Calon Klien Anda

Sebagai orang baru, Anda pasti sering menghadapi berbagai kondisi dan keadaan tak terduga. Beberapa klien mungkin dengan cepat melupakan Anda, karenanya jangan fokus pada satu dua orang saja.

Berikan service kepada setiap klien dengan baik, dan kelompokkan sesuai demografi dan kebutuhannya masing-masing. Dengan begitu anda akan lebih mudah menyampaikan informasi tentang properti yang mereka butuhkan.

6.Tentukan Wilayah Spesialisasi Anda

Sama seperti profesi lainnya, seorang agen yang profesional harus memiliki spesialisasi. Pilih salah satu bidang yang menarik untuk Anda pelajari lebih mendalam. Misalnya mengambil pelatihan atau seminar mengenai green building agar bisa menjadi konsultan bagi klien yang hendak mencari properti yang berstandar hijau.

Dengan spesialisasi yang dimiliki, Anda bisa membuat branding ahli pada bidang tertentu sehingga dapat mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

7.Tambah Terus Pengetahuan

Akhir akhir ini klien bukan cuma membutuhkan agen sebagai perantara transaksi jual beli properti saja, akan tetapi juga sebagai konsultan. Karena itulah agen yang baik wajib mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia properti.

Untuk itu ikuti beberapa pelatihan atau seminar seputar properti dan dunia pemasaran untuk memudahkan Anda dalam memandu klien untuk menentukan pilihan propertinya. Agen yang terpercaya juga wajib memiliki sertifikat dan SIU-P4.

8.Kembangkan Sikap Profesional

Dalam menjaga kredibilitas dan integritas Anda sebagai agen pemula, selalu jaga sikap yang profesional baik kepada sesama agen atau koneksi Anda. Selalu menjadi agen yang jujur dan elegan dalam mengambil tindakan.

Biasakan untuk membalas email atau menelpon balik panggilan tak terjawab. Hubungi klien pada jam kerja. Bila melakukan kesalahan jangan lupa meminta maaf. Berlaku adil kepada setiap orang secara. Sikap yang profesional akan membuat klien Anda merasa dihargai dan meningkatkan kemungkinan Anda untuk menerima referensi dari mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.