5 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Guru Honorer, Modal Kecil Dan Sedikit Pesaing

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka mendidik, membimbing, dan mengarahkan putra putri bangsa agar mampu meraih cita-cita di masa depannya. Sungguh mulia tugas seorang guru. Akan tetapi tidak semua guru mendapatkan imbalan yang sesuai, terutama guru honorer. Guru honorer adalah guru-guru yang mengabdi pada negara tapi belum menjadi ASN.

Guru honorer seringkali mendapat gaji yang pas-pasan. Gaji yang didapat hampir tidak memenuhi kebutuhan mereka. Mereka harus mencari penghasilan tambahan. sebenarnya ada beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan guru honorer, diantaranya usaha sampingan. Apabila usaha sampingan ini dijalankan dengan tekun dan baik maka akan menambah penghasilan mereka. Tentunya kebutuhan mereka menjadi tercukupi.

Peluang Usaha Guru Honorer

Nah bagi guru honorer yang tertarik dunia usaha, berikut kami sajikan 5 peluang usaha yang baik dilakukan guru honorer cukup dengan modal kecil dan sedikit pesaing:

1.Berjualan pulsa elektrik

Usaha sampingan pertama yang bisa dicoba guru honorer adalah berjualan pulsa elektrik. Pasalnya orang jaman sekarang cepat menghabiskan pulsa terutama pulsa internet. Tentunya ini menjadi peluang bagi guru honorer.

Guru honorer dapat berjualan pulsa elektrik ke sesama rekan guru, kerabat, teman dan tetangga. Memang hasil berjualan pulsa elektrik tidak langsung banyak. Biasanya hanya untung sekitar Rp 1.000 s/d Rp 2.000, namun jika ditekuni untung yang didapat cukup menjanjikan.

Selain itu modal awal berjualan pulsa elektrik tidak besar, apalagi jika bergabung dengan agen chip pulsa murah. Lagipula akan didapat dengan harga grosir yang tentunya lebih murah dibandingkan harga counter biasa.

2.Membuka les privat atau bimbingan belajar

Guru pastinya memiliki kemampuan mengajar yang baik dibandingkan profesi lainnya. Ada baiknya sebagai guru honorer yang berpenghasilan sedikit, anda bisa mencoba membuka les privat atau bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah.

Anda akan sangat beruntung jika anda menguasai semua mata pelajaran, jadi bisa mengadakan les beberapa mata pelajaran. Namun jika tidak menguasai semua, maka pilih salah satu mata pelajaran yang anda kuasai.

Anda bisa membuka bimbingan belajar dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah anda. Misalnya ruang tamu atau garasi anda rubah untuk menjadi ruang kelas. Nantinya anak-anak akan berdatangan kerumah anda untuk mengikuti les atau bimbingan belajar. Akan tetapi jika anda tidak memiliki rumah yang luas. Anda bisa mengadakan les secara privat dengan datang ke rumah-rumah anak didik anda.

Tentunya biaya les privat lebih mahal dibandingkan bimbingan belajar datang ke rumah secara bersama-sama. Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan waktu hanya 1 hingga 2 jam saja.

3.Membuat kerajinan tangan dan dipasarkan

Jika anda memiliki keterampilan, tidak ada salahnya membuat kerajinan tangan. Anda bisa membuat bross, dompet rajutan, gantungan kunci, dan lain-lain ketika anda senggang. Selanjutnya anda bisa menjualnya secara offline maupun online. Secara online melalui akun media sosial yang anda miliki.

Anda juga bisa membuat kerajinan tangan rangkain bunga flanel untuk kado wisuda maupun wedding. Biasanya kerajinan tangan seperti ini laris dicari menjelang musim-musim wisuda.

4.Usaha di bidang pertanian

Usaha yang patut dicoba guru honorer lainnya adalah usaha di bidang pertanian. Negara Indonesia memiliki iklim yang cocok untuk pertanian. Anda bisa mencoba berusaha dengan menyewa sawah dan menanaminya dengan padi/tebu dimana nantinya akan panen. Tentunya sewa sawah ini membutuhkan modal besar, namun selain itu ada usaha pertanian yang tidak butuh modal besar. Diantaranya adalah dengan menanam aneka tanaman hias di pot lalu bisa dijual kembali.

Anda hanya modal membeli bibit tanaman, tanah humus, pupuk, dan polybag. Selanjutnya anda tinggal menaman bibit tanaman dan merawatnya dengan baik agar tumbuh subur. Anda bisa memasarkan kepada kawan, kerabat, dan tetangga.

Selain tanaman hias, jika anda memiliki halaman yang luas. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman sayur, buah, dan apotek hidup yang bisa anda jual kembali atau anda konsumsi sendiri.

5.Membuka jasa pengetikan dan printing

Usaha yang tidak kalah sangat menguntungkan lainnya adalah membuka jasa pengetikan dan printing. Apalagi jika anda tinggal di daerah dekat kampus atau sekolah. Tentu ini peluang yang bisa jadi usaha sampingan. Selain itu, anda juga bisa menerima jasa pengetikan dari guru pns yang sudah tua. Biasanya mereka tidak bisa komputer sehingga membutuhkan jasa ini.

Itulah beberapa jenis peluang usaha yang sangat cocok untuk parag guru honorer. Gaji guru boleh tak seberapa, tetapi usaha tetap harus jalan terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.