3 Tips Dekorasi Imlek untuk Rumah Anda

Tips dekorasi Imlek untuk rumah Anda yang satu ini, penting untuk dilakukan demi menyambut kemeriahan momen tersebut. Banyak orang berusaha menciptakan konsep menarik, namun gagal karena mengabaikan satu dua hal tertentu.

Tahun Baru Imlek adalah perayaan penting bagi orang Tionghoa yang dimulai pada hari pertama bulan pertama penanggalan Tionghoa, lalu berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal ke-15.

Saat tiba datangnya Tahun Baru Imlek, segenap masyarakat turut andil merayakan momen tersebut. Selain pawai dan momentum selebrasi di kawasan Pecinan, nuansa rumah di hampir seluruh wilayah akan tampak merah.

Nuansa ini dapat dimeriahkan dengan melakukan tips dekorasi Imlek untuk rumah. Anda. Apa saja sih, cara-cara tersebut? Simak sebagai berikut:

1. Bersihkan Rumah Terlebih Dahulu

Dari semua langkah atau tips dekorasi Imlek untuk rumah Anda, hal pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan tempat tinggal. Tengok setiap sudut di rumah Anda, ruangan ke ruangan, hingga bagian luar dan dalam. Sudahkah bersih?

Selain bikin rumah jadi lebih rapi, cara ini merupakan satu dari sekian banyak tradisi yang dilakukan untuk menghilangkan nasib buruk Anda pada tahun sebelumnya. Anggap saja, bersih-bersih rumah sama dengan buang sial!

Satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda tidak boleh membersihkan rumah saat hari H. Pasalnya, hal tersebut dipercaya akan menghilangkan nasib baik yang baru saja Anda terima. Itulah mengapa, mereka yang merayakan Imlek sudah membersihkan rumah terlebih dahulu.

2. Hiasan Serba Merah dan Emas

Kalau yang satu ini sih, sudah melekat dan pasti dilakukan sejak awal. Ya, tips dekorasi Imlek untuk rumah Anda selanjutnya adalah menghias hunian dengan warna serba merah dan emas.

Seperti yang kita tahu, Hari Raya Imlek identik dengan warna merah dan emas. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan mudah antara lain menambah hiasan dinding, mengganti sarung bantal, menukar taplak meja, karpet, dan sebagainya dengan warna merah serta emas.

Anda juga bisa menghadirkan beberapa hiasan berwarna merah dan emas yang tentunya masih berkaitan dengan nuansa Imlek. Ornamen cantik seperti lampion, angpao dan sejenisnya dapat menjadi pelengkap yang membuat suasana Imlek semakin syahdu.

3. Menaruh Tanaman Khas Imlek

Ya, tradisi Tionghoa percaya bahwa beberapa tanaman tertentu dapat membawa keberuntungan baik dari segi rezeki, kesejahteraan dan sebagainya. Tips dekorasi Imlek lainnya adalah menaruh tanaman khas pada momen ini salah satunya jade plant.

Berdasarkan Feng Shui, Jade Plant yang sepintas mirip batu giok ini sanggup membawa keberuntungan bagi siapa pun pemiliknya. Agar membawa rezeki dan keberuntungan, taruhlah Jade Plant di depan pintu atau meja ruang tamu.

Anda juga bisa membuat sendiri dengan menghias pohon yang ukurannya sudah ditentukan, lalu gantung beberapa coklat koin dan angpao pada setiap ujung ranting. Gatungannya harus terdiri dari beberapa buah sampai pohon uang terlihat penuh dan cantik.

***

Sederhana bukan, 3 dekorasi Hari Imlek untuk rumah Anda yang telah dijelaskan di atas? Agar suasananya lebih terasa, sajikan makanan khas seperti kue keranjang, jeruk mandarin dan berbagai kue nikmat di atas meja.

Undanglah keluarga, kerabat, orang terdekat hingga tetangga untuk datang ke rumah. Sambutlah mereka dengan penuh kebahagiaan. Tak lupa, berikan kartu ucapan Imlek dengan kata-kata bijak yang mampu menenangkan hati satu sama lain. Gong Xi Fa Chai!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.