3 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara Di Dalam Ruangan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa polusi udara menjadi menyumbang terbesar dalam penyebaran penyakit berbahaya. Dalam sebuah riset Sharp Corporation mengungkap fakta bahwa dampak dari indoor pollution atau polusi di dalam rumah jauh lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruangan.

Hasil riset tersebut cukup mencengangkan, dimana angka kematian akibat polusi di dalam rumah mencapai 2,8 juta orang per tahunnya. Tentu kita semua ingin selalu sehat bukan? Pastinya!

Beberapa benda di dalam rumah kita tanpa kita sadari mungkin saja telah menjadi sarang kuman. Akibatnya, pencemaran udara bisa saja timbul dari sejumlah benda tadi karena sudah terkontaminasi dengan mikro organisme jahat.


Membuat hunian yang sehat dan layak huni bisa kita permudah asalkan tahu caranya, namun gak bisa sembarangan. Dalam artikel singkat ini, akan diungkapkan rahasia penting tentang cara menanggulangi pencemaran udaha dalam rumah, antara lain:
Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

1. Mengaplikasikan Ventilasi yang Sesuai

Dalam sebuah riset disebutkan bahwa pembuatan sistem ventilasi yang tidak baik didalam rumah bisa meningkatkan pencemaran udara di dalam rumah menjadi 5 hingga 10 kali lipat.
Ventilasi yang baik bisa membuat pergantian udara semakin lancar sehingga rumah selalu mendapat pasokan udara segar. Untuk itu, aplikasikan ventilasi yang besar dan jumlahnya sesuai dengan ukuran rumah Anda.

2. Menyimpan Tanaman Hijau Didalam Rumah

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menanggulangi pencemaran udaha di dalam rumah adalah menyimpan tanaman hijau didalam rumah, bisa saja kita menyimpan bunga pot dalam ruangan.

Selain untuk membuat rumah terlihat lebih indah dan asri, tanaman juga mampu mempertahankan udara segar dan bersih di dalam rumah. Menjelang malam hari, sebaiknya dikeluarkan.

Selain itu, tanaman juga bermanfaat untuk menetralisir karbondioksida dan karbonmonoksida yang merupakan polutan berbahaya di lingkungan rumah. Dengan begitu, pasokan oksigen yang berasal dari tanaman akan menghadirkan udara segar dalam ruangan.

3. Menggunakan Alat Penjernih Udara

Akhir-akhir ini kita sering mendengar alat penjernih udara berteknologi plasmacuster, konon kabarnya hal ini menjadi alternatif jika kedua cara diatas tidak bisa Anda usahakan.

Berbeda dengan air conditioner atau AC yang hanya berfungsi mendinginkan udara, penjernih udara atau air purifier juga berfungsi dalam membersihkan serta memurnikan udara di dalam ruangan.

Teknologi plasmacluster inilah yang kemudian bisa membantu menghadirkan udara segar dan bersih layaknya berada di alam terbuka atau pegunungan. Baca juga: Trik Mudah Menata Kamar Tidur yang Cantik dan Nyaman.

Seperti yang kita ketahui, teknologi ini akan memberikan ion positif dan negatif yang seimbang. Jika keduanya seimbang, bisa membantu menetralisir dan membunuh virus, bakteri, jamur, dan penyebab alergi serta bau yang menempel di udara.
Selain itu, teknologi ini bisa menormalkan kelembaban udara sehingga kelembaban kulit Anda serta keluarga selalu terjaga.