Ingin Menyewa Rumah Hunian, Pertimbangkan Dulu 7 Hal Berikut Ini

tips memilih rumah sewa
image: google
Apakah Anda sedang mencari rumah sewaan sebagai hunian keluarga? atau Anda masih tinggal di Pondok Indah Mertua, lalu berpikir ulang untuk menyewa rumah karena ingin belajar mandiri?

Tepat sekali, rumah merupakan idaman setiap keluarga, karena rumah merupakan kebutuhan pokok setiap keluarga. Sayangnya tak setiap keluarga bisa membeli rumah, terutama bagi mereka yang baru saja menikah, untuk mengatasinya, beberapa diantaranya memilih untuk menyewa rumah sebelum mereka membeli secara KPR maupun membangun sendiri.


Alasan lain orang memilih menyewa rumah adalah ingin lebih dekat dengan kantor atau tempat bekerja, dengan keadaan jalanan yang macet sehingga tidak terlambat pergi ke kantor.

Dalam mencari dan memilih rumah sewaan, bisa dibilang susah-susah gampang. Selain pertimbangan harga dan lokasi, ada sejumlah faktor lain yang ikut mempengaruhi, artikel ini akan mengungkap 7 hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menyewa rumah diantaranya.

1. Harga yang Sesuai Kantong

Pertimbangan pertama dalam menyewa rumah adalah harganya, untuk itu carilah rumah yang harganya sesuai dengan kantong. Mengingat variasi harga yang cukup bersaing, perhatikanlah kesesuaian antara harga dan fasilitas yang disediakan, termasuk cara pembayarannya apakah tahunan atau bulanan.

2. Lokasi Mudah diakses

Pertimbangan kedua adalah soal lokasi rumah. Jika Anda ingin memilih rumah, sebaiknya perhatikan juga lokasi, apakah mudah dijangkau atau tidak? Kondisi jalannya masih apakah bisa masuk mobil atau hanya sepeda motor. Dasar ini pula nantinya yang Anda harus pertimbangkan.

3. Lokasi Rumah Aman

Lokasi rumah yang nyaman sangat menentukan kualitas hidup seseorang. Jika rumah hunian tidak tenang, dan cenderung banyak gangguan, maka pikirkan kembali apakah Anda atau keluarga Anda akan merasa nyaman untuk tinggal di tempat tersebut?

4. Lokasi Rumah Ibadah Tidak Jauh

Pertimbangan lain dalam memilih rumah adalah jauh dekatnya lokasi rumah ibadah. Karena selain memenuhi kebutuhan sandang dan pangan, manusia juga butuh yang namanya spiritual dalam kehidupannya, jadi akses yang mudah dan dekat tidak ada salahnya diperhatikan.

5. Akses Fasilitas Umum Mudah

Fasiltas umum seperti pasar, sekolah, rumah sakit, swalayan, jalur kendaraan umum dan lainnya, merupakan sarana penunjang sebuah hunian. Untuk kemudahan Anda, sebaiknya pilih lokasi yang memiliki akses yang mudah dengan fasilitas umum.

6. Kondisi Rumah Layak Huni

Rumah yang bagus tidak selamanya baru, rumah hunian yang nyaman sangat mempertimbangkan beberapa aspek seperti kondisi atap yang bagus, dinding dan lantai yang layak, ventilasi udara mencukupi dan sejumlah aspek lain. Hal ini menjadi penting mengingat biaya perbaikan menjadi tanggungan si penyewa rumah jika mengalami kebocoran, dinding retak dan lantai yang pecah.

7. Ketersediaan Air Bersih

Kebutuhan utama keluarga yang wajib dipenuhi adalah air bersih. Setiap hari, kita menggunakan air bersih untuk kebutuhan seperti mencuci, mandi, memasak serta kebutuhan lainnya. Untuk itu, pastikan bahwa rumah yang akan Anda sewa memiliki fasilitas leding yang memadai, atau jika menggunakan sumur pastikan airnya layak untuk digunakan. Kendala air bersih akan menjadi masalah besar dalam setiap keluarga, terlebih jika sudah memiliki anak.


Fasilitas yang lengkap tentu ikut menentukan mahal atau murahnya sebuah rumah kontrakan. 7 pertimbangan diatas merupakan panduan yang sifatnya pilihan bagi Anda, tidak harus mutlak, karena jika semua hal diatas terpenuhi maka secara otomatis harga sewa akan semkain tinggi.

Setidaknya perhatikan poin penting seperti ketersediaan air, listrik, kondisi rumah yang layak serta nyaman, menajdi pertimbangan utama. Sebenarnya masih banyak pertimbangan lain dalam memilih rumah sewaan, namun yang terpenting adalah pertimbangan secara teknis.

Idealnya rumah kontrakan akan Anda tempati dalam jangka waktu yang cukup lama, jadi pilihlah rumah yang sesuai harapan dan kantong Anda. Pertimbangkan baik-baik sebelum Anda menyewa rumah agar Anda merasa nyaman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »