Mau Pindahan? Baca Dulu 10 Tips Praktis Pindah Rumah Baru Dalam 30 Menit

tips pindah rumah baru
Setiap orang pasti memiliki impian untuk pindah ke rumah baru. Tidak terkecuali pula bagi Anda yang sedang tinggal di Pondok Kontrakan Indah atau Pondok Indah Mertua.

Jika Anda berniat membeli rumah baru dengan KPR, ataupun ingin membeli rumah bekas sebagai hunian, tidak ada salahnya untuk merencanakan kepindahan Anda dengan matang.


Kesulitan yang paling sering timbul saat pindah rumah adalah mempersiapkan barang barang yang akan dibawa.

Persoalan memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, Anda juga harus menata ulang barang tersebut agar mudah Anda temukan.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda datang ke tempat yang tepat. Berikut ini akan kami sajikan tips pindah rumah yang tentunya bisa dijadikan solusi alternatif:

Tips #1. Pastikan Rumah Baru Telah Selesai

Bila Anda memiliki rencana untuk pindah rumah, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang dibangun atau direnovasi telah rampung. Bila masih dalam tahap pengerjaan, Anda pasti masih repot pindahkan barang barang. Lebih jauh, rumah juga harus benar dibersihkan sebelum pindah.

Tips #2. Ukur Dimensi Rumah Baru Anda

Sebelum pindahan, sebaiknya ketahui secara detil ukuran dan dimensi setiap ruangan rumah baru. Selain mudah meletakan perabot, memudahkan kita untuk menyimpan barang yang diturunkan. Anda tidak perlu memindahkan barang berkali kali saat menurunkan barang.

Tips #3. Memberi Nama pada Setiap Kotak

Saat melakukan pengepakan barang, pastikan bahwa kotak yang Anda miliki cukup untuk menampung semua barang. Kemudian, diberi nama jelas pada tiap kotaknya. Tujuannya untuk memudahkan Anda saat membongkar dan menata kembali di rumah baru.

Tips #4. Kemas Barang Anda dengan Rapi

Untuk memudahkan membongkar, lakukan dengan baik dan rapi saat Anda mulai kemas kemas barang. Atur dengan baik semua barang yang akan dimasukan dalam kotak.

Tips #5. Tempatkan Barang Pecah Belah Dalam Satu Kotak

Semua barang barang yang bersifat mudah pecah dan rapuh sebaiknya dipisahkan di satu kotak tersendiri. Ingatlah bahwa selama perjalan Anda tentu memerlukan waktu yang lama untuk menjangkau rumah baru.

Agar barang kesayangan Anda tidak pecah dan rusak saat perjalanan, sebaiknya tempatkan kotak pada posisi yang tidak mudah terguncang.

Tips #6. Minta Bantuan Saudara

Pindah rumah memang repot, selain banyak barang yang harus dibawa kita harus siap juga untuk angkat angkat barang. Jika Anda merasa membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk meminta bantuan dari sanak saudara, saya yakin mereka pasti bersedia membantu.

Tips #7. Pilih Waktu yang Tepat

Jika keseharian Anda sangat sibuk, sebaiknya ambil waktu akhir pekan atau hari libur untuk pindah rumah. Usahakan pindah rumah di waktu pagi, karena waktu masih sangat panjang untuk Anda mempersiapkan barang barang yang akan Anda bawa.

Tips #8. Mempersiapkan Kendaraan Angkutan

Untuk memudahkan Anda membawa barang bawaan, sebaiknya siapkan angkutan 2 minggu sebelum kepindahan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda menemukan kendaraan yang pas dan harga terbaik.

Tips #9. Tak Perlu Memaksakan Diri

Ini adalah aspek terpenting dalam usaha pindahan rumah. Saat barang Anda berhasil dipindahkan, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung merapikannya. Rapikan barang secara bertahap, dahulukan barang yang penting untuk dirapikan, agar Anda mudah beraktivitas.

Tips #10. Jangan Terburu Buru

Saat memindahkan barang, sebaiknya diatur waktu dan kendaraan yang pas. Jangan buru buru dalam memindahkan barang dalam sekali perjalanan, jika dipaksakan bisa saja merusak barang berharga Anda.



Merupakan kodrat manusia tercipta dengan tidak sempurna, ada kalanya beberapa bagian luput dari perhatian kami saat menulis ulang artikel ini. Jika Anda memiliki tambahan tips pindah rumah, silahkan komen di bagian komentar ya! Jangan lupa share ke teman juga.