Trik Jitu Membersihkan Peralatan Dapur dengan Cairan Disinfektan & Soda Kue

Jika ditanya bagian rumah mana yang paling nggak favorit menurut Anda, kebanyakan akan menjawab dapur. Mohon koreksi kalau misalnya jawaban saya keliru! Meskipun begitu, saya akan share cara membersihkan peralatan dapur melalui tulisan singkat ini, semoga berkenan.
Kenapa dapur bukan menjadi tempat favorit? Ya iyalah....kalau lagi rapi ngapain nongkrong didapur coba, ntar bau asap dan masakan. Dapur merupakan tempat memasak dan memproses kebutuhan nutrisi untuk seluruh anggota keluarga.
Meskipun nggak masuk dalam bagian tempat favorit dalam rumah, dapur berserta peralatannya mesti selalu bersih. Kenapa gitu gan? Biar makanan lebih bersih dan lebih sehat, dan yang makan juga sehat.
Sekilas info: membersihkan dapur serta peralatan masak bisa dilakukan secara bertahap, tergantung waktu yang kita miliki. Untuk itu mari simak ulasan tentang cara membersihkan peralatan dapur berikut ini:

Alokasi Waktu 15 Menit

Sehari hari sibuk bekerja, jangan khawatir karena tips ini cocok untuk Anda. Bila Anda hanya memiliki waktu 15 menit, bagian dapur yang bisa dibersihkan adalah meja dan wastafel. Simple aja, semprotkan cairan pembersih disinfektan.
Jika disinfektan memang tak cukup untuk mematikan virus dan bakteri sekaligus. Semprotan cairan disinfektan ini hanya membantu dalam waktu singkat sampai Anda mengalokasikan waktu lebih lama.
Bagian lain yang bisa Anda bersihkan adalah bak cuci piring. Gosoklah dengan spons dan air kemudian langsung keringkan. Selain itu, menyapu dan mengepel lantai lebih efektif dan efisien untuk membersihkan kotoran di lantai dapur.
Bagian lainnya adalah membersihkan pegangan kulkas dengan cairan akti bakteri. Lebih lanjut dapat Anda baca di Cara Membersihkan Kulkas, pada artikel yang sebelumnya sudah saya posting.

Alokasi Waktu 30 Menit

Jika waktu yang Anda punya lebih lama untuk membersihkan dapur, maka Anda bisa bersihkan bagian dapur lain serta peralatan dapur lainnya. Contohnya peralatan dapur yang sudah lama tak dipakai.
Untuk membersihkannya, cuci peralatan dapur atau bisa juga di bersihkan dengan lap kering. Perlatan dapur yang lama tak digunakan akan berkarat atau menyerap banyak debu, dan ini sangat tidak sehat. Baca juga: Cara Membersihkan Karpet.

Alokasi Waktu 60 Menit

Jika waktu Anda lebih lama di rumah maka Anda bisa membersihkan rak penyimpanan dan lemari kabinet. Usaplah dari atas kebawah dengan spons yang sebelumnya telah di rendam air hangat dan sabun.
Jika lemari terbuat dari kayu, sebaiknya gunakan pembersih khusus kayu. Demikian juga untuk peralatan dapur yang lain, jika bahannya berbeda bersihkanlah dengan pembersih khusus.
Jika ada waktu libur, luangkan waktu lebih lama untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Sebelumnya, keluarkan semua makanan yang ada didalamnya, lalu gunakan soda kue untuk membersihkannya.

Nah, usai sudah perjumpaan kita kali ini. Saya yakin Anda tentu memiliki trik atau cara sendiri membersihkan peralatan dapur, jadi jika Anda memiliki cara berbeda, silahkan tambahkan di kolom komentar.