Trik Mudah Membersihkan Kulkas agar Selalu Bersih Terawat dan Sehat

Trik Mudah Membersihkan Kulkas agar Selalu Bersih Terawat dan Sehat
Jika Anda masih kesulitan dalam membersihkan kulkas, jangan panik. Dalam artikel singkat ini kami suguhkan cara membersihkan kulkas secara menyeluruh meliputi bagian luar dan dalam kulkas.
Kulkas merupakan tempat favorit untuk menyimpan makanan dan minuman segar. Untuk itu sangat dianjurkan untuk membersihkan kulkas secara teratur. Tujuannya agar kualitas makanan tetap terjaga, kondisi kulkas selalu bersih & awet, dan keluarga tetap sehat.
Bersihkan bagian dalam kulkas Anda minimal seminggu sekali, terlebih membuang air bekas daging atau ikan yang masih tertampung didalam kulkas. Jika kulkas bersih Anda pun tidak ragu untuk menyimpan makanan didalamnya. Untuk bagian luar lakukan secara rutin sebulan sekali.
Cara membersihkan kulkas dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu bagian dalam dan luar kulkas. Simak ulasan berikut untuk mengetahi informasi lebih lanjut.

Tips #1. Pembersihan Bagian Dalam Kulkas

Ini merupakan bagian terpenting yang harus selalu dibersihkan, jika tidak kecil kemungkinan kebersihan makanan didalamnya ikut terjaga. Berikut tahapannya:
Pertama, keluarkan semua makanan serta barang yang tersimpan dalam kulkas. Makanan yang berada di dalam freezer sebaiknya dipindahkan ke cooler portable. Khusus untuk barang yang disimpan di dalam kulkas bagian bawah lebih tahan pada suhu ruangan selama 2 jam, jadi sebaiknya simpan dalam kantong plastik.
Kedua, pembersihan bagian kotak es batu. Caranya, rendam bagian tersebut dengan air hangat kuku yang berisi cairan sabun pencuci piring, kemudian bersihkan seperti biasa.
Ketiga, pembersihan bagian pintu, semua rak serta dinding bagian dalam kulkas. Seka menggunakan lap sisa remah-remah makanan, kemudian lakukan pembersihan dengan cara mengelap bagian-bagian tersebut. Gunakan larutan dua sendok makan baking soda dan satu gelas air hangat agar lebih bersih. 

Tips #2. Pembersihan Bagian Luar Kulkas

Untuk membersihkan bagian luar kulkas sebenarnya tidak terlalu sulit yang diperlukan hanya membersihkan debu dan bagian pinggir kulkas, berikut tahapannya:
Pertama, Jika Anda punya vacuum cleaner kecil, lakukan pembersihan debu-debu yang berada di bawah kulkas, di bagian pinggiran, bagian atas, serta disemua bagian dinding kulkas. Gunakan ujung vacuum cleaner yang berbentuk sikat. Cara lain adalah menggunakan kain penyeka untuk membersihkannya.
Kedua, gunakan lap berbahan kain yang sebelumnya sudah direndam dalam larutan sabun pada semua bagian dinding kulkas. Untuk kulkas yang terbuat dari bahan stainless steel, Anda bisa memakai cairan pembersih khusus, kemudian gosoklah lebih keras bagian tersebut untuk hasil yang lebih berkilau.
Itulah beberapa cara membersihkan kulkas dirumah Anda, tiada cara yang lebih baik dari teori ini selain mempraktekannya. Kini kulkas Anda sudah dibersihkan, tentunya akan lebih menyenangkan jika membersihkan kulkas secara teratur karena kotorannya tidak terlalu banyak.

Selamat mencoba!