Tips dan Trik Menyulap Ruang Bawah Tangga yang Inspiratif

Tips dan Trik Menyulap Ruang Bawah Tangga yang Inspiratif
Coba Anda tebak, ruang bagian mana pada rumah bertingkat yang paling jarang mendapat sentuhan penataan? Ya, tepat sekali, jawabannya adalah ruang bawah tangga.

Mengapa ruang bawah tangga menjadi dibiarkan begitu saja, padahal bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menjadi ruang yang menarik dan futuristik.

Jika Anda menonton film Harry Potter, tentu Anda akan melihat betapa indahnya penataan di ruang bawah tangganya. Sang penyihir muda ini rela menghabiskan hampir seluruh masa kecilnya di dalam ruang sempit di bawah tangga.

Nah, selain sebagai ruang darurat, ruang bawah tangga sejatinya bisa didesain sedemikian rupa hingga memiliki fungsi lain yang lebih berdaya guna.

Kali ini, ijinkan saya berbagi beberapa inspirasi menarik serta tips & trik untuk menata ruang bawah tangga yang lebih elegan, simak selengkapnya.

Tips & Trik #1. Rak Sepatu, Jaket dan Payung

Tangga lantai dua rumah Anda posisinya tidak jauh dengan pintu masuk? Ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk Anda. Aplikasikan ruang bawah tangga Anda sebagai tempat khusus penyimpanan sepatu, jaket, serta payung.

Tips & Trik #2. Lemari Penyimpanan

Selain sebagai tempat rak sepatu dan jaket, Anda dapat pula memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai lemari. Lemari ini nantinya berfungsi untuk menyimpan bahan makanan kering dan berbagai perlengkapan memasak.

Anda pun bisa menambahkan satu kerete dorong agar ruang penyimpanan semakin banyak menampung barang.

Tips & Trik #3. Ruang Baca dan Perpustakaan Mini

Jika Anda sudah memiliki ruang penyimpanan sepatu dan lemari tempat perabot, maka ruang bawah tangga dapat Anda jadikan sebagai ruang baca serta perpustakaan mini.

Aplikasikan rak buku pada dinding disekitar bawah tangga dan siapkan kursi mungil untuk membaca.

Tips & Trik #4. Tempat Bermain Anak

Sulap ruang bawah tangga Anda menjadi tempat bermain untuk anak-anak. Agar lebih aman dan mudah untuk Anda awasi, biarkan terbuka tanpa dinding.

Saat mereka tidak bermain disitu, dapat Anda jadikan sebagai ruang penyimpanan mainan. Aplikasikan pula ide unik yang telah Anda desain sebagai mainan rumah-rumahan.

Jika belum memiliki anak atau anak Anda sudah dewasa semua, Anda dapat menyulap ruang bawah tangga menjadi ruang kerja yang mungil. Selain menghemat tempat, ruang bawah tangga juga terkesan tertutup, jadi sangat cocok untuk menjaga konsentrasi dan pikiran Anda pada apa yang ingin Anda kerjakan.

Tips & Trik #5. Kamar Mandi Cadangan

Anda juga bisa menyulap ruang bawah tangga menjadi kamar mandi cadangan. Jika kamar mandi utama bermasalah dengan aliran air atau lagi banyak tamu, maka akan berfungsi maksimal. Jangan lupa, sediakan kloset dan wastafel agar ruang tersebut tetap kering.

Tips & Trik #6. Ruang Arsip

Bagi Anda yang memiliki kantor sendiri dan ruang bawah tangga masih belum dimanfaatkan, sebaiknya disulap menjadi ruang arsip. Siapkan lemari besi atau brankas kecil untuk menampung berkas penting.


Itulah sejumlah tips & trik dalam menata ruang bawah tangga agar dapat berfungsi maksimal. Jadi jangan biarkan ruang kosong dirumah Anda hanya sebagai sarang tikus atau gudang, sebaliknya kreatiflah dalam menata ruang terutama rumah yang sempit.